Cara Menggunakan Fungsi And Pada Microsoft Excel

Sama halnya dengan penggunaan if, fungsi and juga bisa digunakan dalam berlogika di Microsoft Excel. Kalian pasti belum familiar dengan kegunaan fungsi and ini. Kegunaannya ialah mengecek keabsahan atau kebeneran suatu kriteria. Jika ada yang benar akan muncul TRUE, sebaliknya jika ada yang salah maka akan muncul FALSE.

Formula : AND(logical1, [logical2]. ...)

Pada gambar diatas terdapat data-data berupa nama seseorang beserta IQnya. Untuk mengetahui apakah IQnya Genius pada masing-masing orang tersebut maka kita akan berpedoman pada kriteria dibawah. Jika IQ lebih besar atau sama dengan 140 maka dapat dikatakan orang tersebut Genius. Jadi untuk mengisi kolom Jeniuskah ? maka kita akan menggunakan fungsi and. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut
1. Membuat data
2. Memasukan tanda sama dengan =
3. Memasukan AND
4. Memasukan kurung buka (
5. Mengklik cell yang akan dicaritau kebenarannya C2
6. Memasukan >= 140  karena sesuai dengan keterangan
7. Memasukan kurung tutup )
Jadi Kesimpulan rumusnya yaitu
=AND(C2>=140)
Jika hanya keterangannya TRUE dan FALSE saja memang tidak berarti, jadi untuk mengadakan kata lain yang masih bermakna sama. Kita dapat memadukan fungsi IF dengan AND. Memangnya bisa ? tentu saja bisa, inilah kelebihan dari software Microsoft Excel. 
Langkah-langkahnya sama dengan langkah yang pertama tapi ada sedikit tambahan. Tambahkan IF sebelum fungsi AND dan tambahkan tanda koma diikuti keterangan yang ingin kita munculkan.
=IF(AND(C2>=140),"Genius","Tidak Genius")
Genius harus ditaruh paling depan, karena mengikuti keterangan IQ lebih besar atau sama dengan 140 maka Genius. Sisanya yang tidak sesuai dengan keterangan tersebut bernilai salah dan harus ditulis paling akhir yaitu "Tidak Genius"

Comments

Popular posts from this blog

Sifat-Sifat dan Hubungan Bangun Segiempat

Media Pembelajaran : Pop Up Book

Materi Penalaran Logis (Silogisme) Lengkap