Cara Menggunakan Fungsi And Pada Microsoft Excel
Sama halnya dengan penggunaan if,
fungsi and juga bisa digunakan dalam berlogika di Microsoft Excel.
Kalian pasti belum familiar dengan kegunaan fungsi and ini.
Kegunaannya ialah mengecek keabsahan atau kebeneran suatu kriteria. Jika
ada yang benar akan muncul TRUE, sebaliknya jika ada yang salah maka akan
muncul FALSE.
Formula : AND(logical1, [logical2]. ...)
Pada
gambar diatas terdapat data-data berupa nama seseorang beserta IQnya.
Untuk mengetahui apakah IQnya Genius pada masing-masing orang tersebut maka kita
akan berpedoman pada kriteria dibawah. Jika IQ lebih besar atau sama
dengan 140 maka dapat dikatakan orang tersebut Genius. Jadi untuk
mengisi kolom Jeniuskah ? maka kita akan menggunakan fungsi and. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut
1. Membuat data
2. Memasukan tanda sama dengan =
3. Memasukan AND
4. Memasukan kurung buka (
5. Mengklik cell yang akan dicaritau kebenarannya C2
6. Memasukan >= 140 karena sesuai dengan keterangan
7. Memasukan kurung tutup )
Jadi Kesimpulan rumusnya yaitu
=AND(C2>=140)
Jika
hanya keterangannya TRUE dan FALSE saja memang tidak berarti, jadi
untuk mengadakan kata lain yang masih bermakna sama. Kita dapat
memadukan fungsi IF dengan AND. Memangnya bisa ? tentu saja bisa, inilah
kelebihan dari software Microsoft Excel.
Langkah-langkahnya
sama dengan langkah yang pertama tapi ada sedikit tambahan. Tambahkan
IF sebelum fungsi AND dan tambahkan tanda koma diikuti keterangan yang
ingin kita munculkan.
=IF(AND(C2>=140),"Genius","Tidak Genius")
Genius
harus ditaruh paling depan, karena mengikuti keterangan IQ lebih besar
atau sama dengan 140 maka Genius. Sisanya yang tidak sesuai dengan
keterangan tersebut bernilai salah dan harus ditulis paling akhir yaitu
"Tidak Genius"
Comments