Metode Tanya Jawab
Metode Tanya Jawab merupakan cara penyajian materi pelajaran dalam bentuk pertanyaan dan jawaban, baik oleh guru maupun peserta didik. Menurut Hyman (1974) bahwa dalam metode tanya jawab terkandung tiga hal, yaitu pertanyaan, respon dan reaksi. Pertanyaan ditandai dengan kata-kata atau kalimat yang digunakan untuk memperoleh respon verbal. Respon sebagai pemenuhan atas pertanyaan. Penyajian materi pelajaran dengan metode tanya jawab diperlukan jenis-jenis pertanyaan yang akan digunakan dan keterampilan/teknik mengajukan pertanyaan/bertanya. Jenis pertanyaan meliputi pertanyaan tingkat rendah dan pertanyaan tingkat tinggi. sumber : www.nytimes.com Tujuan Metode Tanya Jawab Adapun tujuan metode tanya jawab adalah : Untuk mengetahui penguasaan siswa terhadap materi pelajaran. Mendorong siswa untuk berani mengajukan pertanyaan kepada guru tentang masalah yang belum dipahami. Menimbulkan kompetisi belaja