Fungsi Bimbingan dan Konseling Sekolah Dasar
Salah satu fungsi pokok program bimbingan dan konseling di Sekolah Dasar adalah “membantu penyesuaian masing-masing siswa terhadap sekolah dan dari sekolah terhadap siswa” (Crow and Crow, 1960). Menurut fungsi ini anak harus dapat menyesuaikan dirinya denga cara-cara yang baru dalam berbuat dan bertingkah laku. Ia sekarang berada dalam suatu kelompok yang dalam beberapa hal sudah terstruktur, yaitu memiliki aturan-aturan dan cara-cara tertentu. Sambil ia bekerja dan bermain dengan anak-anak lain, ia harus belajar bekerjasama serta memikul tanggung jawab. Ia juga harus dapat menemukan bahwa dirinya diharapkan untuk dapat mengikuti petunjuk-petunjuk dan perintah dari guru. Selanjutnya ia juga tidak dapat menuntut terlalu banyak perhatian dari gurunya. Ia harus dapat menetapkan sendiri hal-hal apa yang patut dikerjakannya sehari-hari di sekolah. Bagi siswa yang tidak mengikuti taman kanak-kanak sebelumnya, mungkin membutuhkan bantuan dalam menyesuaikan dirinya terhadap suasana kehid