Mengenal Perangkat Komputer

 
Komputer dapat didefinisikan sebagai kumpulan rangkaian elektronik yang berfungsi menerima yang berfungsi untuk menerima input, mengolahnya dan menghasilkan suatu output. Input dapat berasal dari keyboard, mouse, dan perangkat lainnya. Pengolah input berupa CPU yang terdiri dari procesor, motherboard, memori dan harddisk drive. Output yang dihasilkan dapat berupa gambar visual yang ditampilkan di layar monitor, printer (hasil cetakan), speaker dan media lainnya.
Kerja masing-masing komponen dalam komputer saling berhubungan dan menunjang satu sama lain. Komponen-komponen tersebut digolongkan sebagai hardware, software, user (pengguna). Hardware adalah komponen komputer yang dapat dirasakan secara fisik yaitu dapat dilihat maupun diraba, seperti motherboard, harddisk, monitor, speaker dan printer. Software adalah komponen komputer yang tidak dapat dilihat dan diraba, berupa program yang diolah oleh hardware. User adalah orang yang mengoperasikan software pada hardware komputer.

Komponen Hardware :
1. Motherboard
Motherboard merupakan perangkat utama yang berfungsi sebagai tempat memasang komponen internal sebuah komputer
2. Procesor
Procesor merupakan perangkat yang berfungsi mengatur seluruh pekerjaan yang dilakukan oleh sebuah komputer
3. Memori
Memori adalah media penyimpanan data yang terdapat dalam komputer serta dapat mempengaruhi kecepatan kerja komputer.
4. Harddisk
Harrdisk adalah media penyimpanan data dengan kapasitas memori yang besar dan biasanya untuk menampung file-file berupa musik, video, dokumen dan lain-lain.
5. Optical Drive
Optical drive merupakan perangkat keras penyimpanan data dengan media penyimpanan berupa keping CD/DVD dan menggunakan teknologi optik.
6. VGA Card
VGA Card merupakan salah satu kartu yang terpasang pada slot ekpansi. Kartu ini berfungsi untuk menampilkan data ke layar (monitor).
7. LAN Card
LAN Card merupakan sebuah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan komputer pada sebuah jaringan.
8. Modem
Modem merupakan perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan komputer dengan jaringan telepone (internet)
9. Power Supply
Power Supply merupakan perangkat yang berfungsi sebagai penyuplai tegangan pada motherboard dan beberapa periferal yang terdapat di dalam casing.
10. Cassing
Cassing merupakan alat yang berguna untuk melindungi komponen-komponen hardware dalam CPU agar aman dari gangguan luar.
11. Keyboard
Keyboard merupakan perangkat yang digunakan untuk mengetik atau memasukan huruf, angka atau simbol tertentu ke software atau sistem operasi yang dijalankan oleh komputer.
12. Mouse
Mouse merupakan perangkat yang berfungsi untuk memasukan data ke dalam komputer dan berbentuk seperti seekor tikus
13. Webcam
Webcam merupakan sebuah kamera video digital kecil yang dihubungkan ke komputer melalui port USB.
14. Monitor
Monitor merupakan perangkat yang digunakan untuk menampilkan data-data secara visual yang terdapat didalam komputer
15. Speaker
Speaker merupakan perangkat yang digunakan untuk menampilkan data-data secara audio (suara), biasanya berupa data yang memiliki format mp3.
16. Printer
Printer adalah alat yang berfungsi untuk mencetak data pada komputer, baik berupa teks maupun gambar/grafik pada sebuah kertas.
17. Scanner
Scanner merupakan perangkat yang digunakan untuk memindahkan suatu bentuk atau sifat benda seperti dokumen, foto dan lain-lain. Ditrasformasikan ke dalam komputer sebagai data digital.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh RPP IPA Kelas 2 Semester II (KTSP)

Sifat-Sifat dan Hubungan Bangun Segiempat

Media Pembelajaran : Pop Up Book