Media Pembelajaran : Pop Up Book


Pop-Up  Book adalah
 Media Pop-Up  Book adalah  media  berbentuk  buku  yang  mempunyai unsur  tiga  dimensi  dan  gerak.  Materi  pada Pop-Up  Book disampaikan dalam  bentuk  gambar  yang  menarik  karena  terdapat  bagian  yang  apabila dibuka dapat bergerak atau berubah bentuk. Media ini juga memberikan kejutan-kejutan dalam setiap halamannya yang dapat mengundang kekaguman ketika halamannya dibuka dan memberikan kesan tersendiri karena warnanya yang colorful. Di sudut tiap halaman yang muncul akan ada penjelasan lebih lanjut mengenai gambar-gambarnya.
Penggunaan Pop-Up Book  sangat cocok untuk memberikan variasi pembelajaran. Media Pop-Up Book masih jarang digunakan oleh guru disekolah untuk membelajarkan materi terutama pada sekolah yang terletak dipedesaan. Hal ini terjadi karena ketidaktahuan pihak guru dan kurangnya sosialisasi tentang pembuatan maupun  penggunaan media Pop-Up Book. Ini merupakan suatu kesempatan untuk memperkenalkan media Pop-Up Book ke sekolah-sekolah agar dapat dipergunakan semanamestinya. Nantinya diharapkan siswa akan tertarik untuk belajar apabila guru mengajar dengan media ini karena siswa sebelumnya tidak pernah melihatnya dan akan memberikan pengalaman baru kepada para siswa. Media Pop-Up  Book juga dapat meningkatkan keterlibatkan siswa dalam pembelajaran. Guru tidak hanya sendirian menggunakan media tersebut untuk menjelaskan materi, tetapi siswa diberikan kesempatan untuk ikut memanipulasi sehingga terlibat aktif menggunakan media tersebut.
            Penggunaan Pop-Up Book memungkinkan kita untuk menyampaikan berbagai jenis materi pembelajaran seperti mata pelajaran bahasa Indonesia, menampilkan gambar huruf-huruf untuk mengajari siswa sekolah dasar untuk membaca. Pop-Up Book juga dapat menampilkan materi sains seperti benda-benda luar angkasa dengan sangat menarik dan menampilkan materi matematika seperti macam-macam bangun ruang. Ini merupakan keunggulan dari media Pop-Up Book yang mampu memuat berbagai macam materi-materi pembelajaran sehingga dapat dikatakan fleksibel. Media ini mampu mencangkup materi yang banyak tanpa memerlukan ruang yang besar ataupun luas, selain itu media ini juga praktis untuk dibawa kemanapun sehingga tidak usah risau untuk membawanya ketempat terpencil sekalipun.

Popular posts from this blog

Contoh RPP IPA Kelas 2 Semester II (KTSP)

Sifat-Sifat dan Hubungan Bangun Segiempat