Syarat-syarat Pokok Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar



Berbeda dengan sekolah menengah atau perguruan tinggi, dimana pada kedua jenjang pendidikan itu di sediakan petugas khusus untuk melaksanakan tugas-tugas dan fungsi-fungsi bimbingan dan konseling bagi siswa-siswi dan mahasiswa. Di Sekolah Dasar tugas-tugas dan fungsi-fungsi bimbingan dan konseling dilaksanakan langsung oleh masing-masing guru kelas. Dengan demikian, para guru kelas memegang peranan ganda, sebagai pengajar dan juga sebagai pembimbing bagi murid-muridnya. Sebagai pengajar, guru menyampaikan sejumlah pengetahuan, keterampilan dan nilai-nilai (norma-norma) kepada murid-muridnya sebagaimana diatur dalam kurikulum sekolah. Disamping itu, apabila guru menemui adanya murid-murid yang mengalami masalah, maka dia bertindak sebagai pembiming /konselor dengan melaksanakan tugasdan fungsi bimingan dan konseling bagi siwa-siswanya.
            Untuk kelancaran pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah dasar diperlukan adanya syarat-syarat tertentu. Dalam hal ini ialah sikap yang positif dari guru dalam menangani  tugas dan tanggungjawabnya sehari-hari. Sikap positif yang dimaksud antara lain :
1)   Adanya kesediaan guru untuk berperan ganda yaitu sebagai guru dan sebagai pembimbing.
2)   Adanya kesediaan guru untuk senantiasa menciptakan suasana belajar-mengajar yang kondusif guna memungkinkan siswa dapat mengembangkan bakat, kemampuan, dan minatnya secara optimal, dengan jalan menempatkan siswa sesuai dengan tugas-tugas perkembangannya.
3)    Adanya kesediaan guru untuk selalu memahami siswa dengan jalan mencatat fakta-fakta yang berkaitan dengan minat, sikap, pola tingkah laku, cita-cita, nilai-nilai dan status sosial ekonomi orang tua siswa.
4)   Adanya kesediaan guru untuk senantiasa mengitegrasikan informasi tentang pendidikan dan jabatan ke dalam mata-mata pelajaran yang relevan.
5)  Adanya kesediaan guru untuk senantiasa bekerjasama dengan kepala sekolah dalam melaksanakan kebijakan-kebijakan yang mendasar bagi pengembangan layanan-layanan bimbingan dan konseling di sekolahnya.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh RPP IPA Kelas 2 Semester II (KTSP)

Sifat-Sifat dan Hubungan Bangun Segiempat

Media Pembelajaran : Pop Up Book