Langkah-langkah Pembelajaran Model Two Stay Two Stray (TSTS)
Langkah-langkah Pembelajaran Model Two Stay Two Stray :
Sumber : Huda, Miftahul. 2014. MODEL-MODEL PENGAJARAN DAN PEMBELAJARAN. Malang : Pustaka Pelajar (Halaman 207-208)
- Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok yang setiap kelompoknya terdiri dari empat siswa. Kelompok yang dibentuk pun merupakan kelompok heterogen, misalnya satu kelompok terdiri dari 1 siswa berkemampuan tinggi, 2 siswa berkemampuan sedang, dan 1 siswa berkemampuan rendah.
- Guru memberikan subpokok bahasan pada tiap-tiap kelompok untuk dibahas bersama-sama dengan anggota kelompok masing-masing
- Siswa bekerja sama dalam kelompok yang beranggotakan empat orang. Hal ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk dapat terlibat secara aktif dalam proses berfikir
- Setelah selesai, dua orang dari masing-masing kelompok meninggalkan kelompoknya untuk bertamu ke kelompok lain
- Dua orang yang tinggal dalam kelompok bertugas membagikan hasil kerja dan informasi mereka kepada tamu dari kelompok lain
- Tamu mohon diri dan kembali ke kelompok mereka sendiri untuk melaporkan temuan mereka dari kelompok lain
- Kelompok mencocokan dan membahas hasil-hasil kerja mereka
- Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerja mereka
Sumber : Huda, Miftahul. 2014. MODEL-MODEL PENGAJARAN DAN PEMBELAJARAN. Malang : Pustaka Pelajar (Halaman 207-208)
Comments