Contoh RPP IPA Kelas 2 Semester II (KTSP)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
A.
Identitas
1.
Sekolah : SD Negeri 1 Gianyar
2.
Kelas/Semester :
II/ II
3.
Mata Pelajaran : Ilmu Pengerahuan Alam
4.
Jumlah Pertemuan : 3 x 35 menit (105 menit)
B.
Standar Kompetensi :
3. Mengenal
berbagai sumber energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan
kegunaannya
C.
Kompetensi Dasar :
3.2 Mengidentifikasi
jenis energi yang paling sering digunakan di lingkungan sekitar dan cara
menghematnya
D.
Indikator :
3.2.1
Menyebutkan jenis energi di lingkungan sekitar
3.2.2
Memberi contoh penggunaan energi
di lingkungan sekitar
3.2.3
Melaporkan cara
menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari
E.
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah membaca buku,
mengamati media, melaksanakan tanya jawab dan mencocokan kartu, siswa dapat menyebutkan jenis energi di lingkungan
sekitar dengan benar
2. Setelah membaca
buku, mengamati media, melaksanakan tanya jawab dan mencocokan kartu, siswa
dapat memberi contoh penggunaan energi di
lingkungan sekitar dengan benar
3. Setelah membaca
buku, mengamati media, melaksanakan tanya jawab dan mencocokan kartu, siswa
dapat melaporkan cara menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari dengan
lancar
F.
Karakter Siswa yang diharapkan berkembang:
a. Tanggung jawab
b. Toleransi
c. Disiplin
G.
Materi ajar
Energi yang Sering Digunakan
1) Energi panas
digunakan untuk berbagai kegiatan,misalnya menyetrika memasak dan menjemur. Energi
panas yang utama berasal dari matahari. Minyak tanah dan listrik pun dapat
menghasilkan panas. Energi panas dari listrik banyak digunakan.
· Setrika listrik
menghasilkan panas. Setrika panas dapat merapikan pakaian
· Pemanas air
listrik berguna untuk memanaskan air.
· Panas matahari
digunakan untuk menjemur pakaian. Pengeringan padi pun menggunakan panas matahari.
2) Energi cahaya digunakan untuk melihat sesuatu,menerangi ruangan,
dan keperluan lain. Energi cahaya berguna membantu manusia. Energi cahaya dapat
berasal dari api, baterai, dan listrik.
-Lampu pijar menghasilkan cahaya untuk menerangi
ruangan.
-Lampu senter menghasilkan cahaya untuk menerangi
tempat gelap
3) Energi bunyi sering kita gunakan. Penggunaannya dalam kehidupan
sehari-hari sangat banyak.
- Setiap hari kita mendengarkan bunyi atau suara. Energi
bunyi dibutuhkan manusia. Suara manusia adalah contoh energi sunyi
-Radio berguna mendengarkan lagu. Radio berguna juga
untuk mendengarkan berita.
-Telepon digunakan sebagai alat komunikasi. Energi
bunyi sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia
Cara Menghemat
Energi
1) Memanfaatkan cahaya matahari saat siang hari.
2) Matikan lampu saat tidak digunakan
3) Matikan televisi saat tidak menonton
4) Mencuci dengan tangan jika cucian sedikit
5) Menggunakan kipas angin dari bambu atau kain.
H.
Model Pembelajaran
Make a Match
I.
Kegiatan Belajar
1.
Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
a. Guru bersama siswa mengucapkan salam
b. Siswa berdoa bersama guru
c. Guru mengecek kehadiran siswa
d. Guru mengingatkan siswa kembali tentang sumber-sumber
energi
- Mengapa lampu dapat menyala ?
- Sumber energi apa yang dihubungkan pada lampu ?
e. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
2.
Kegiatan Inti (70 menit)
1). Eksplorasi
a.
Siswa membaca buku
halaman 77-82
b.
Siswa mengamati
media
c.
Siswa bersama guru melaksanakan tanya
jawab
2).
Elaborasi
a.
Guru meletakkan
kartu di atas meja
b.
Siswa mendapatkan satu kartu yang
berisikan soal/jawaban
c.
Siswa memikirkan jawaban atau soal dari
kartu yang dipegang
d.
Siswa mencari pasangan yang mempunyai
kartu yang cocok dengan kartunya (kartu soal/kartu jawaban)
e.
Siswa melaporkan
kartu pasangan yang didapatkan
f.
Guru menyampaikan hasil kecocokan kartu
3). Konfirmasi
a.
Guru memberikan
penguatan positif seperti pujian, kepada siswa yang paling banyak benar
mencocokan kartu
b.
Guru memberi
komentar perbaikan sesuai laporan siswa
c.
Guru menjelaskan
materi yang telah dipelajari siswa
d.
Siswa merevisi
hasil eksplorasinya yang masih salah untuk mendapatkan konsep yang benar
3.
Kegiatan Penutup (20 Menit)
a.
Guru bersama siswa
membuat kesimpulan pembelajaran
b.
Siswa
mengerjakan tes yang diberikan oleh guru
c.
Guru memberikan
siswa PR
d.
Guru
menyampaikan topik pembelajaran pembelajaran pada pertemuan selanjutnya
e.
Guru bersama
siswa berdoa bersama untuk mengakhiri pembelajaran
- Sumber belajar dan Media/alat peraga
1.
Sumber belajar : Buku Sekolah Elektronik (Ilmu
Pengetahuan Alam dan Lingkunganku untuk Kelas II Sekolah Dasar/Madrasah oleh Mulyanti,dkk.
halaman 77-82)
2.
Media : Gambar dan Kartu
- Penilaian
1.
Penilaian Afektif (Sikap)
Teknik Penilaian : Unjuk kerja
Bentuk Instrumen : Lembar observasi
Instrumen Penilaian :
No
|
Nama
Siswa
|
Perkembangan Prilaku
|
|||||||||||
Tanggung
jawab
|
Toleransi
|
Disiplin
|
|||||||||||
SB
|
B
|
C
|
K
|
SB
|
B
|
C
|
K
|
SB
|
B
|
C
|
K
|
||
Catatan : SB = Sangat Baik; B = Baik; C = Cukup; K = Kurang
Rubrik
Penilaian Sikap
Aspek yang dinilai:
·
Tanggung
jawab, toleransi,
dan disiplin
|
||||
Aspek
|
SB (4)
|
B (3)
|
C (2)
|
K (1)
|
Tanggung jawab
|
Siswa
selalu melaksanakan tugas dan kewajiban yang seharusnya dilakukan
|
Siswa sudah
melaksanakan tugas dan kewajiban yang seharusnya dilakukan
|
Siswa kadang-kadang melaksanakan tugas dan kewajiban yang
seharusnya dilakukan
|
Siswa belum
melaksanakan tugas dan kewajiban yang seharusnya dilakukan
|
Toleransi
|
Siswa sangat mampu bekerjasama
dalam mencocokan kartu dengan temannya yang memiliki keragaman latar belakang
|
Siswa mampu bekerjasama dalam
mencocokan kartu dengan temannya yang memiliki keragaman latar belakang
|
Siswa mulai mampu bekerjasama
dalam mencocokan kartu dengan temannya yang memiliki keragaman latar belakang
|
Siswa belum mampu bekerjasama
dalam mencocokan kartu dengan temannya yang memiliki keragaman latar belakang
|
Disiplin
|
Siswa
selesai mencari pasangan kartu sebelum waktu yang ditentukan
|
Siswa
selesai mencari pasangan kartu tepat pada waktu yang ditentukam
|
Siswa
selesai mencari pasangan kartu setelah
1-2 menit dari waktu yang ditentukan
|
Siswa
selesai mencari pasangan kartu setelah
≥
3 menit dari waktu yang ditentukan
|
2.
Penilaian
Kognitif (Pengetahuan)
Teknik Penilaian : Tes tulis
Bentuk Instrumen : Isian
Instrumen
Penilaian :
Soal :
Isilah titik dibawah
ini dengan jawaban yang benar!
1.
Energi yang digunakan untuk menerangi
ruangan adalah….
2.
Energi yang digunakan untuk menyalakan
alat-alat listrik adalah…
3.
Budi memerlukan
energi listrik saat cuaca panas untuk…..
4.
Setelah
mengambil baju yang sudah kering, ibu memerlukan energi panas untuk….
5.
Ketika kita
sudah selesai menonton TV maka kita harus…...
Pedoman Penskoran
No.
|
Soal
|
Jawaban
|
Skor
|
1
|
Energi
yang digunakan untuk menerangi ruangan adalah….
|
Energi cahaya
|
1
|
2
|
Energi
yang digunakan untuk menyalakan alat-alat listrik adalah…
|
Energi listrik
|
1
|
3
|
Budi memerlukan energi listrik
saat cuaca panas untuk…..
|
Menghidupkan
kipas angin
|
1
|
4
|
Setelah mengambil baju yang sudah
kering, ibu memerlukan energi panas untuk….
|
Menyetrika baju
|
1
|
5
|
Ketika kita sudah selesai
menonton TV maka kita harus…...
|
Mematikan TV
|
1
|
Skor Maksimum
|
5
|
3. Penilaian Psikomotor (Keterampilan)
Teknik
Penilaian : Unjuk kerja
Bentuk
Instrumen : Lembar observasi
Instrumen
Penilaian :
No
|
Nama
Siswa
|
Keterampilan
|
||||||||
Kelancaran
dalam melaporkan
|
Penggunaan
bahasa
|
Menanggapi
pertanyaan
|
||||||||
B
|
C
|
K
|
B
|
C
|
K
|
B
|
C
|
K
|
||
Catatan : B = Baik; C = Cukup; K = Kurang
Rubrik
Penilaian Keterampilan
Aspek yang dinilai:
Kelancaran dalam melaporkan, penggunaan bahasa, menanggapi
pertanyaan
|
|||
Aspek
|
Kriteria
Penilaian
|
||
Baik (3)
|
Cukup
(2)
|
Kurang
(1)
|
|
Kelancaran dalam melaporkan
|
Siswa dapat melaporkan kartu pasangan
yang didapat dengan lancar
|
Siswa melaporkan kartu pasangan yang
didapat dengan sedikit terbata-bata
|
Siswa melaporkan hasil diskusi
dengan terbata-bata dan tidak lancar
|
Penggunaan bahasa
|
Siswa menggunakan bahasa yang
sangat mudah dipahami
|
Siswa menggunakan bahasa yang
cukup mudah dipahami
|
Siswa menggunakan bahasa yang
sulit dipahami
|
Menanggapi pertanyaan
|
Siswa mampu menanggapi
pertanyaan dengan baik
|
Siswa cukup mampu menanggapi
pertanyaan dengan baik
|
Siswa kurang mampu menanggapi
pertanyaan dengan baik
|
Comments