Cara Menggunakan Fungsi IF Pada Microsoft Excel

Setelah kalian sudah mampu menggunakan operasi hitung matematika pada Microsoft Excel, maka kalian bisa mencoba untuk menggunakan rumus logika berupa if. Penggunaan fungsi IF ini memudahkan kita untuk memberi perintah dengan berpedoman pada suatu keadaan maupun suatu ketentuan-ketentuan tertentu.

Formula :  IF(logical_test, [value_if_true], [value_if_false])


Misalnya pada gambar diatas terdapat tabel yang sisinya berwarna abu berisikan nama-nama siswa dan nilainya. Tabel ini merupakan sumber data yang akan diolah. Dibawahnya terdapat keterangan yang sisinya berwarna hijau berisikan suatu keadaan yang telah ditentukan. Pada kolom sumber data terdapat kolom "Lulus/Tidak" yang masih kosong. Untuk mengisinya kita perlu menggunakan fungsi IF. Terus bagaimanakah caranya ? Baik, veniuszero akan memberitau sedetail-detailnya kok. Check this out
1. Membuat sebuah Data
2. Memasukan tanda sama dengan =
3. Memasukan IF
4. Memasukan tanda kurung buka (
5. Mengklik cell yang akan dikategorikan dengan suatu ketentuan G3
6. Memasukan <70  karena sesuai dengan keterangan dibawah
7. Memasukan tanda koma , tanda ini bisa diganti dengan titik koma ; (tergantung pada Microsoft Excel kalian)
8. Memasukan tanda kutip " " diikuti ketentuan yang telah ditentukan "Tidak Lulus"
9. Memasukan tanda koma , diikuti dengan IF
10. Memasukan tanda kurung buka (
11. Mengklik cell yang akan dikategorikan dengan suatu ketentuan G3
12. Memasukan >=70  karena sesuai dengan keterangan dibawah
13. Memasukan tanda koma ,
14. Memasukan tanda kutip " " diikuti ketentuan yang telah ditentukan "Lulus"
15. Memasukkan tanda kurung tutup sebanyak dua ))
Jadi disimpulkan rumusnya yaitu
=IF(G3<70,"Tidak Lulus",IF(G3>=70,"Lulus"))



Untuk mengisi kategorinya bisa menggunakan cara yang sama yaitu menggunakan fungsi if. Namun ada perbedaannya dengan yang diatas yaitu tidak perlu menuliskan semua keterangan yang ada. Ketika keterangan ada tiga, dan kita hanya membuatnya 2, sisanya 1 akan terbaca selain 2 keterangan yang telah dibuat sebelumnya. Begini, kita hanya perlu menulisan
=IF(G3<70,"C",IF(G3<85,"B","A"))
tidak perlu menulisan menjadi
=IF(G3<70,"C",IF(G3<85,"B",IF(G3>=85,"A"))) karena akan beresiko salah
Penggunaan rumus Microsoft Excel akan tergantung bagaimana kita memanipulasi rumus tersebut. Lumayan buat mengasah otak dan logika kita berfikir hehehe
Jika ada yang kurang jelas dari petunjuk penggunaan fungsi if diatas, kalian semua bisa berkomentar pada kolom dibawah.

Comments

Popular posts from this blog

Sifat-Sifat dan Hubungan Bangun Segiempat

Media Pembelajaran : Pop Up Book

Materi Penalaran Logis (Silogisme) Lengkap