Tips Memperbaiki Catridge Printer Yang Rusak


Setiap printer pasti memiliki dua buah catridge yaitu catridge hitam dan catridge berwarna. Catridge merupakan komponen paling penting dalam printer sekaligus sebagai komponen paling sensitif. Banyak ditemui kerusakan pada printer yang diakibatkan oleh kerusakan pada catridgenya. Veniuszero akan memberitahu kalian tips untuk memperbaiki catridge printer. Tips ini merupakan cara menyelamatkan catridge printer yang sedang mengalami kerusakan. Berikut ini persyaratan sebuah catridge printer masih dapat diselamatkan
Persyaratan :
1. Print head tidak cacat
2. Masih ada Respon dari catridge saat tombol panel atau tutup printer dibuka
3. Catridge tetap dingin saat printer dihidupkan lebih atau sama dengan 15 menit

Solusi

*Mengeluarkan tinta pada Catridge
Jika catridge printer kalian rusak akibat dari kesalahan memasukkan tinta yang harusnya warna biru malah dimasukan kewarna merah atau sebaliknya, maka cara ini merupakan cara yang efektif untuk mengatasinya. Kalian hanya cukup menyediakan jarum suntik tinta yang sudah kosong, kemudian memasukan kesalah satu lubang pada catridge printer kemudian sedot tinta tersebut dan buang. Lakukan hal tersebut ke semua lubang (tiga buah) hingga dirasa sudah tidak ada lagi tinta yang tersisa. Jika sudah lalu masukan tinta sesuai dengan prosedur ataupun lubangnya yaitu



*Membersihkan print head yang tersumbat
 Print head yang mengering atau tersumbat membuat tinta tidak keluar, warnanya putus-putus atau warna hitam tidak keluar sama sekali. Situasi seperti ini sering terjadi pada jenis printer inkjet.
Jika kalian sering memeriksa kondisi print head secara periodik, masalah ini mungkin jarang terjadi. Untuk menangani masalah ini, coba lakukan test printer secara berkala dengan fasilitas bawaan driver printer. Lakukan pula proses pembersihan head (head cleaning). Jika proses cleaning dilakukan berulang-ulang, selain boros tinta juga dapat menyebabkan masalah "waste ink thank full" yang memerlukan proses reset. Solusinya, head printer direndam ke dalam air hangat yang dicampur sedikit alkohol atau amoniak. Bagian yang dimasukan ke dalam cairan hanya head-nya saja. Jika dirasa perlu, gunakan cairan tertentu untuk membersihkan head printer yang mengering.


*Mereset Printer + Catridge
Jika lampu berkedip-kedip dan tak mau menjalankan proses mencetak. Langkah yang harus kalian lakukan adalah mereset printer + catridge agar menghapus informasi tentang kondisi  yang ada di printer termasuk "waste ink thank full". 
caranya :
1. Mencabut semua kabel, lalu pasang kabel power sambil menekan tombol power printer (jangan dilepas)
2. Menekan tombol resume, kemudian lepas dalam keadaan tombol power masih ditekan.
3. Tekan sekali lagi tombol resume, kemudian lepas
4. Melepaskan tombol power

*Membedah Catridge
1. Menyiapkan botol tinta, suntikan, pisau dapur, tisu
2. Membuka penutup alas tinta menggunakan pisau, pastikan mata pisau tepat di regangan antar penutup tinta dan badan catridge. Belahlah seperti membuka buah. 
3. Kalian akan melihat sebentuk kapas berwarna putih. Biasanya saat baru beli hanya sedikit tintanya. Ini membuktikan bahwa produsen hanya mengisi tinta tidak semaksimal kapasitas catridge tersebut.
4. Mengangkat kapas tersebut lalu merendam kedalam air hangat. sambil diremas-remas hingga bersih lalu dikeringkan. Bersihkan juga tangki tinta printer tersebut. Setelah keringlakukan pengisian dengan cara menyuntikan atau meneteskannya. Lakukan perlahan dan dianjurkan jangan terlalu penuh. PAsang kembali penutup catridge dan untuk mengencangkannya bisa menggunakan lem atau lakban

Comments

Popular posts from this blog

Contoh RPP IPA Kelas 2 Semester II (KTSP)

Sifat-Sifat dan Hubungan Bangun Segiempat

Media Pembelajaran : Pop Up Book