Manfaat Internet Bagi Siswa/Pelajar

Di era globalisasi ini, semua masyarakat tidak asing lagi dengan internet. Internet merupakan pintu gerbang menuju dunia maya. Di internet kita bisa mendapat informasi, pendidikan, keterampilan, hiburan, seni, pengetahuan dan lain-lain. Teknologi internet yang berbasis komputer pada saat ini telah memberikan semua kemungkinan komunikasi manusia tanpa batas diseluruh dunia. Jarak antarnegara yang jauh tidak menjadi penghambat dalam proses penyebarluasan atau pertukaran informasi dan teknologi.
     Perkembangan penggunaan internet di Indonesia tidak kalah mengesankan dibandingkan dengan penggunaan internet di luar negeri. Ini dikarenakan internet sudah menjadi kebutuhan pokok di kalangan masyarakat Indonesia, terutama para siswa. Hampir di setiap sekolah mewajibkan siswanya untuk bisa mengakses internet guna mencari informasi melalui mata pelajaran TIK( Teknologi Informasi dan Komunikasi ).
Melalui mata pelajaran TIK semua siswa diajarkan cara mengakses internet dengan benar, mulai dari menjelajah situs pendidikan hingga mendownload buku elektronik sekolah.
     Dengan adanya internet siswa merasa terbantu dalam mengerjakan tugas rumah ataupun bertukar informasi dengan sesama siswa lainnya tanpa mengenal batas ruang dan waktu melalui layanan internet yaitu mailling list. Mailling list merupakan fasilitas atau layanan internet yang berfungsi sebagai media pertukaran informasi. Melalui fasilitas ini setiap orang termasuk siswa bisa bergabung dalam suatu kelompok diskusi untuk memecahkan suatu permasalahan dan sharing informasi. 
Berikut ini secara ringkas manfaat internet bagi siswa.

1. Tempat Mencari Bahan-Bahan Pelajaran
Melalui internet setiap siswa dapat mengakses situs-situs pendidikan,seperti edukasi.net. Di situs ini,setiap siswa dapat mendownload buku-buku pelajaran elektronik yang dikelurkan oleh pemerintah secara gratis dengan menjadi anggota terlebih dahulu. Keuntungan buku elektronik ini, selain gratis juga menyediakan materi sesuai kurikulum yang berlaku di setiap sekolah. Jadi, siswa tidak khawatir jika buku yang dipelajarinya diluar kurikulum yang berlaku.

2. Tes Kemampuan Online
Dengan internet semua orang khususnya siswa dapat mengetahui seberapa luas pengetahuan mereka tentang suatu materi misalnya matematika, fisika, biologi, kimia, dan astronomi dengan mengakses situs tertentu yang menyediakan layanan tes online. Misalnya edukasi.net, melalui situs resmi ini semua orang dapat dengan mudah mengetahui seberapa besar pemahaman dan pendalaman suatu materi dengan melihat skor atau nilai yang didapat. Dengan layanan ini, siswa akan tertarik untuk menjawab soal  karena tampilan situs ini dibuat semenarik mungkin. Bagi orangtua yang memiliki anak yang tidak suka membaca,inilah solusinya untuk mengajak anaknya belajar.
                       
3. Sarana komunikasi
E-mail merupakan fasilitas yang memungkinkan dua orang atau lebih melakukan komunikasi. Fasilitas ini sering di gunakan oleh semua orang karena gratis.  Semua siswa dapat mengirim pesan  melalui e-mail ke semua temannya meskipun berbeda negara tanpa mengenal batas ruang dan waktu. Selain,merupakan wahana pengakses informasi berkecepatan tinggi, e-mail juga digunakan sebagai salah satu account, yang nantinya di gunakan mendaftar di situs-situs pendidikan.

 4. Media Pertukaran Informasi
Dengan adanya internet siswa merasa terbantu dalam mengerjakan tugas rumah ataupun bertukar informasi dengan sesama siswa lainnya tanpa mengenal batas ruang dan waktu melalui layanan internet yaitu mailling list. Mailling list merupakan fasilitas atau layanan internet yang berfungsi sebagai media pertukaran informasi. Melalui fasilitas ini setiap orang termasuk siswa bisa bergabung dalam suatu kelompok diskusi untuk memecahkan suatu permasalahan dan sharing informasi

Popular posts from this blog

Contoh RPP IPA Kelas 2 Semester II (KTSP)

Sifat-Sifat dan Hubungan Bangun Segiempat

Media Pembelajaran : Pop Up Book